Search

Stress selama pandemi? Ini cara ngatasinnya!


Tidak diragukan lagi pandemi berdampak ke setiap individu di seluruh dunia. Saat keseharian kita berubah, pasti akan ada saatnya kita harus beradaptasi dengan proses perubahan itu sendiri. Hal ini bisa membawa tekanan baru pada diri kita masing-masing. Dan apabila kita tidak mengetahui cara-cara yang efektif untuk mengatasi tekanan tersebut, lama kelamaan pikiran dan tubuh kita akan bereaksi terhadap tekanan yang pasti semakin bertambah.


Nah, artikel ini akan membagi cara-cara efektif untuk mengelola stress atau tekanan yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi.


MEMBUAT JADWAL HARIAN

Hal yang paling penting selama pandemi adalah pengaturan rutinitas.

Mengapa penting untuk membuat jadwal harian? Karena di jaman yang serba tidak pasti ini, kita semua butuh rutinitas yang sudah diatur dengan baik. Dengan memiliki jadwal harian, kita juga akan menjadi lebih produktif dalam mengerjakan tugas-tugas maupun peran kita selama pandemi berlangsung.


Jadwal harian juga akan membantu kita untuk mengelola energi, pikiran, dan perilaku selama mengerjakan kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, tekanan-tekanan yang datang bisa lebih mudah dikelola dan tidak lagi membuat kita merasa overwhelmed dengan kegiatan yang harus dilakukan setiap hari selama masa pandemi.


MEMBUAT SKALA PRIORITAS

Skala prioritas membantu kita untuk bisa membuat keputusan setiap hari untuk mengerjakan tugas-tugas yang paling penting. Sehingga, kita tidak bingung untuk mengerjakan semua kegiatan yang memang menjadi tanggung jawab kita dalam keseharian. Untuk membuat skala prioritas, dapat dilihat tugas mana yang bobotnya paling besar atau kepentingannya paling tinggi. Membuat skala prioritas memang sangat mudah, tetapi justru karena mudah banyak sekali orang-orang yang tidak terpikirkan atau tidak mau membuatnya. Tanpa skala prioritas, kegiatan kita sehari-hari menjadi sangat random dan biasanya ada yang terlupakan, karean biar bagaimanapun, kemampuan kita untuk mengingat pasti memiliki batasan.


LAKUKAN OLAH RAGA DI RUMAH

Sejak pandemi, banyak sekali kegiatan yang terabaikan, termasuk kegiatan untuk mengolah tubuh. Padahal olah raga dapat membantu kita menjadi lebih bahagia dengan menghasilkan hormon-hormon "bahagia" yang diproduksi setelah kita berolah raga. Olah raga di rumah tidak harus yang berat-berat, tetapi kunci utamanya adalah menjadikan kegiatan itu sebuah hal yang rutin dilakukan setiap hari. Apabila hanya ingin jalan pagi selama 10 menit di sekitar komplek rumah juga sudah cukup. Jadi, mulai hari ini sempatkan untuk berolah raga ya :)


BELAJAR UNTUK BERSIKAP TENANG


Ketenangan dalam diri itu bisa dipelajari. Hal ini juga berlaku bagi kita semua yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi. Cobalah untuk belajar bagaimana untuk bereaksi terhadap situasi (yang tidak menenangkan) dengan lebih tenang. Hindari untuk terlalu cepat bereaksi terutama dengan emosi. Biasakan untuk tarik napas panjang sebelum bereaksi terhadap situasi yang menekan. Apabila terbiasa untuk bereaksi dengan tenang saat menghadapi situasi apapun, ketenangan itu akan menjadi sebuah sistem dalam tubuh yang akan memberikan kontribusi besar untuk mengurangi stress.


Nah, sekarang sudah tahu ya cara-cara sederhana untuk mengurangi tekanan selama masa pandemi berlangsung. Untuk berlatih cara-cara diatas, tidak perlu dilakukan semuanya. Cukup pilih 1 atau 2 cara yang sesuai dengan diri kita masing-masing. Lalu lakukan setiap hari sampai cara-cara itu menjadi sebuah kebiasaan baru.


Semoga bermanfaat :)





11 views0 comments

Recent Posts

See All