Search
  • Reynitta Poerwito

Apa Tipe Lifetraps Masa Kecilmu? (1)

Menyambung artikel sebelumnya mengenai childhood trauma, aku disini mau membahas beberapa tipe Lifetraps yang ada di dalam teori Schema. Nah, totalnya ada 18 tipe lifetraps yang berkaitan dengan masa kecil kita. Apa aja sih tipenya? Yuk kita bahas satu per satu :)


Dari kecil, kehidupan kita itu berkaitan erat dengan repetisi. Salah satunya adalah tipe pola asuh orangtua/caregiver. Pengalaman masa kecil merupakan salah satu faktor utama terbentuknya lifetraps yang akan kita bawa sampai usia dewasa.

Abandonment

Kalau kamu punya ketakutan yang besar bahwa orang-orang disekitarmu akan pergi meninggalkan kamu, dan kamu seringkali merasa bahwa kamu sendirian atau merasa jauh secara emosional walau terhadap orang-orang yang mencintai kamu, kemungkinan besar ada lifetraps abandonment dalam dirimu. Lifetraps ini membuat kamu merasa harus mengontrol orang-orang di dekatmu, dan seringkali perilakumu terlihat demanding atau clingy. Kamu tanpa sadar sering juga membuat peraturan-peraturan khusus dengan tujuan untuk ngetes apakah orang tersebut bisa diandalkan atau tidak.


Mistrust and Abuse

Kalau lifetraps ini ada di dalam diri kamu, biasanya kamu akan merasa bahwa orang di sekitarmu pasti akan menyakiti kamu sooner or later. Mungkin mereka akan selingkuh, manipulate, mempermalukanmu, menyakiti secara fisik atau emosional atau mengambil keuntungan dari diri kamu. Sehingga, kamu sulit untuk merasa dekat secara emosional dengan orang lain karena kamu harus menjaga perasaanmu agar tidak tersakiti.


Emotional Deprivation

Nah, kalau ini juga merupakan salah satu lifetraps yang seringkali dimiliki oleh banyak orang. Bila kamu terjebak dalam emotional deprivation, kemungkinan besar kamu seringkali merasa kosong, sulit memiliki perasaan apapun dalam hidup, atau merasa kebutuhan emosi kamu tidak terpenuhi. Lifetraps ini bisa terbentuk karena 3 faktor yaitu: masa kecilmu kurang atau sama sekali tidak mendapatkan perhatian, perlindungan dan empati.


Dependence/Incompetence

Kamu merasa bahwa kamu selalu memerlukan orang lain untuk membantumu, bahkan untuk hal yang simple sekalipun. Kamu tidak percaya terhadap kemampuanmu, oleh karena itu kamu bergantung terhadap orang lain. Dan jika kamu merasa tidak punya tempat untuk bergantung, kamu akan menjadi sangat cemas, ketakutan bahkan bisa sampai shut down (tidak mampu melakukan kegiatan apapun).


Vulnerability

Lifetraps ini akan muncul biasanya pada individu yang masa kecilnya terlalu mendapatkan perlindungan atau dibesarkan oleh overprotecting parents. Kamu tidak pernah merasa aman di dalam kehidupanmu, atau banyak pikiran yang membuatmu percaya pasti sesuatu yang buruk akan terjadi dan bisa terjadi kapan saja. Akibatnya, kamu selalu hidup di dalam ketakutan dan berusaha untuk mengontrol situasi di sekelilingmu.


Dalam artikel ini, aku bahas 5 lifetraps dulu yaaa.. nanti sisanya kita sambung di artikel selanjutnya. Kayaknya bakalan dibagi menjadi 3 artikel nih hihi. Ada pertanyaan atau mau membahas mengenai lifetraps bisa hubungi aku di kolom komen, atau email ya.


Thank you so much for reading, and have a healthy wonderful day ahead :)


Kalau kamu punya masalah psikologis, jangan sungkan atau ragu untuk menangani bersama ahlinya. Karena kalau masalah psikologis tidak segera ditangani, bisa berujung fatal loh! Kontak aku ya, atau langsung melakukan perjanjian untuk konsultasi online di bawah ini.






27 views0 comments